Monday, October 15, 2012

Sunday, October 14, 2012

Gerabah (History)

Apa itu gerabah? 

Gerabah adalah perlengkapan rumah yang terbuat dari tanah liat. Alat ini digunakan untuk menampungair, wadah untuk meminum air, dll. Gerabah berasal dari masa kebudayaan logam. Kebudayaan logam juga dikenal sebagai masa perundagian. Setelah manusia mengembangkan masa bercocok tanam dan bertempat tinggal menetap, mereka mulai megenal teknologi tahap awal. Mereka mulai mengembangkan keterampilan-keterampilan tertentu. Untuk menghasilkan perkakas sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.


Cara membuat gerabah pada zaman purba:
Manusia zaman dahulu membuat gerabah dengan membentuk suatu keterampilan menggunakan tangan dari tanah liat kemudia dibakar.


Cara membuat gerabah di projek kami:
Bahan: - Tanah liat
           - Air
           - Cetakan berbentuk mangkuk
           - Kertas aluminium

Proses pembuatan gerabah:
  • Campurkan tanah liat dengan sedikit air dan diratakan agar lebih mudah dibentuk 
  • Letakkan mangkok dan lapisi dengan kertas aluminium
  • Letakkan tanah liat pada mangkok tersebut sambil diratakan
  • Jemurlah tanah liat tersebut selama sekitar 1 atau 2 jam
  • Jika sedah kering, angkatlah kertas aluminium pada mangkok, dan lepaslah kertas aluminium tersebut

Sumber:

Sardiman, dkk. 2006, Pembelajaran IPS Terpadu 1 untuk kelas VII SMP dan MTs, Solo: Platinum.



Komentar: 
Melalui kegiatan ini saya menjadi tahu dan mengerti alat alat yang dibuat dan digunakan manusia purba dalam masa prasejarah. Salah satu alatnya adalah gerabah yang dibuat dari tanah liat.

Saturday, October 13, 2012

Vulkanisme (Geography)

Proses terbentuknya gunung berapi:
Gunung berapi terbentuk dari lava yang panas yang kemudian mendingin dan menjadi batuan beku. Apabila hal ini berlangsung terus menerus maka dapat terjadi tumpukan batuan beku yang semakin tinggi yang disebut gunung berapi.

Simulasi gunung meletus:
A. Bahan dan alat:   - Tripleks
                             - Cuka
                             - Sodium bikarbonat
                             - Pewarna makanan (merah)
                             - Botol plastik (ukuran kecil)
                             - Pasir dan kerikil
                             - Corong
                             - Cangkir plastik
                             - Sendok

B. Urutan kerja: 
1. Letakkan botol kecil di atas tripleks. Lalu tutuplah sisi-sisi botol dengan pasir dan keril, membentuk seperti sebuah gunung berapi. Jangan sampai lubang atas botol tertutup pasir.
2. Campur cuka dan pewarna makanan di cangkir plastik, lalu aduk dengan sendok.
3. Masukkan sodium bikarbonat ke dalam botol dengan corong.
4. Tuang campuran cuka dan pewarna makanan ke dalam botol yang sudah diisi dengan sodium bikarbonat.
5. Lihat reaksinya.

Material yang dikeluarkan ketika gunung meletus:

  • Material padat : Batu-batuan, kerikil, pasir, debu, dll.
  • Material cair    : Lava
  • Material gas     : Asam sulfat, karbon dioksida, klorida, dll.


Manfaat gunung berapi:
  • Sebagai tempat wisata
  • Tanah yang dilewati lahar menjadi subur
  • Bahan padat yang dikeluarkan bisa digunakan sebagai bahan bangunan
Ciri-ciri gunung akan meletus:
  • Mata air di sekitar gunung mengering
  • Suhu sekitar kawah naik
  • Hewan di sekitar gunung turun
  • Terjadinya getaran-getaran 
  • Terdengar gemuruh dari dalam gunung
Daftar Pustaka:
Munawir, dkk. 2006. Cakrawala Geografi. Bogor: Yudhistira.
Kurnia, Anwar. 2010. IPS Terpadu. -: Yudhistira.

Thursday, October 11, 2012

Aljabar (Matematika)

Pengertian Aljabar:
Aljabar adalah cabang matematika yang menggunakan tanda-tanda dan huruf-huruf untuk mewakili bilangan yang tidak diketahui

Asal Mula Aljabar:
Aljabar berasal dari Babilonia Kuno yang mengembangkan sistem matematika yang cukup rumit, dengan hal ini mereka mampu menghitung dalam cara yang mirip dengan aljabar sekarang ini. Dengan menggunakan sistem ini, mereka mampu mengaplikasikan rumus dan menghitung solusi untuk nilai yang tak diketahui untuk kelas masalah yang biasanya dipecahkan dengan menggunakan persamaan Linier, persamaan Kuadrat dan Persamaan Linier tak tentu.

Elemen-Elemen Aljabar:

Variabel   - Lambang pengganti suatu bilangan yang belum diketahui 
                 nilainya dengan jelas.
                 contoh: x, y, 2x, 2y

Konstanta - Suku dari suatu bentuk aljabar yang berupa bilangan dan 
                 tidak memuat variabel.
                 contoh: 3, 4, 5, 6

Koefisien - Faktor konstanta dari suatu suku pada bentuk aljabar
                 contoh: Koefision dari 3y + 4z adalah 3 dan 4

Suku        - Variabel serta koefisiennya atau konstanta pada bentuk 
                 aljabar yang dipisahkan oleh operasi jumlah atau selisih.
                     contoh: Suku dari 2x + 2g + 8 - 6x adalah 2x, 2g, 8, 6x
Variabel 
adalah lambang pengganti suatu bilangan yang belumdiketahui nilainya dengan jelas. Variabel disebut juga peubah.Variabel biasanya dilambangkan dengan huruf kecil
a
,
b
,
c
, ...
 z

Contoh Soal

Diketahui: Gina adalah seorang penjual buku. Ia menjual 2 buku Harry Potter, 5 buku Narnia, 1 buku The Hobbit, dan 5 buku Winnie the Pooh. Harga 1 buku Harry Potter sama dengan harga 1 buku The Hobbit, yaitu Rp 500,00. Sedangkan 1 buku Narnia sama harganya dengan 1 buku Winnie the Pooh yaitu Rp 200,00.
Ditanya: Berapa hasil yang Gina akan dapat jika semua bukunya terjual?
Penyelesaian: 2 HP + 5N + 1TH + 5WP
                    = 2(500) + 5(200) + 1(500) + 5(200)
                    = 1000 + 1000 + 500 + 1000
                    = Rp 3.500,00



Note! 
HP = Harry Potter
N = Narnia
TH = The Hobbit
WP = Winnie the Pooh

Hakikat Manusia Sebagai Makhluk Sosial & Ekonomi (Economics)

Manusia sebagai makhluk sosial:
Manusia yang membutuhkan teman (orang lain) karena manusia tidak bisa hidup sendiri.

Ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial:

  • Saling berinteraksi (bergaul) 
  • Saling membutuhkan
  • Suka bergotong royong (bekerja sama)
  • Tidak dapat hidup sendiri
  • Saling membantu
Contoh:
Orang sedang bergotong-royong

Orang sedang berbincang

Manusia sebagai makhluk ekonomi:
Manusia yang selalu mempertimbangkan manfaat dan pengorbanan (uang, tenaga) dari setiap tindakan yang dilakukan, serta tidak pernah puas.

Ciri-ciri manusia sebagai makhluk ekonomi:
  • Bertindak secara rasional (memperoleh hasil rasional dengan pengorbanan yang minimal)
  • Tindakan yang dilakukan untuk kepentingan sendiri
  • Keputusan yang diambil sesuai dengan tujuan
Contoh:
Tawar-menawar barang

Menjahit seragam sekolah

Manusia sebagai makhluk sosial yang bermoral:
Upaya manusia dalam memenuhi kebutuhan sosialnya atau berhubungan dengan orang lain dengan berusaha mengendalikan diri serta menjunjung tinggi nilai-nilai moral sebagai insan beragama, dan menjunjung tinggi norma-norma sosial dalam hidup bermasyarakat.

Ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial bermoral:
  • Berusaha mengendalikan diri dengan bertindak sesuai norma yang berlaku di masyarakat
  • Senang bekerja sama dan saling tolong menolong dengan sesama anggota masyarakat
Contoh: 
  • Membantu anak yatim 
  • Mengunjungi orang yang terkena musibah
Manusia sebagai makhluk ekonomi bermoral:
Upaya manusia dalam usaha mendapatkan alat pemuas kebutuhan dengan usaha mengendalikan diri dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral.

Ciri-ciri manusia sebagai makhluk ekonomi bermoral:
  • Berusaha sekuat tenaga untuk memenuhi kebutuhannya
  • Selalu berpedoman pada faktor moral
  • Memerlukan kerjasama dengan orang lain
Contoh: 
  • Mencari ikan tidak memakai dinamit
  • Menanam pohon kembali setelah menebangnya

Wednesday, October 10, 2012

My Invention (ESL)

Our recent project on ESL is making our own invention. My group decided to make the 'Flying Phone'. The special thing about our invention is it has a small remote. The small remote has a button which when it's pressed, it controls/flies our cell phone to you. This is useful when you lost your cell phone, or you are too lazy to go and grab your cell phone.

It was fun making this project. We had lots of ideas when deciding what our groups' invention will be. Ideas by ideas, our inventions got more unique. It wasn't really a serious discussion– we laughed a lot! But at last, we finished our project, the 'Flying Phone'.

Painting technique and 3D figures (Art)


In this first art chapter, we learned how to make a 3D figure and how to paint with the dark-light technique. I am impressed with the paintings I painted! I enjoyed every second when I painted them. I had no difficulty in finishing my artworks. I am really looking forward to the second chapter. Art is probably my favourite subject :)

Tuesday, October 9, 2012

Gymnastics (Physical Education)


In this first chapter of physical education, we learned gymnastics. For me, they're not easy to do. It needs a lot of effort to balance well and to be elastic. I can only do some of the gymnastic styles. I'm not really satisfied with the styles I did on the exam, but it was the best I can do.
Light Grey Pointer