Friday, September 28, 2012

Alat Ukur Massa (Physics)


Massa adalah kuantitas (jumlah) zat dalam benda. Massa benda tidak berubah. Kilogram adalah satuan internasional massa. Alat ukur massa disebut neraca. Contoh alat ukur massa adalah neraca lengan, neraca Ohauss, dan timbangan. Kali ini yang akan dibahas adalah neraca Ohauss.


Neraca Ohauss

Ada banyak jenis neraca Ohauss. Tiap jenis neraca ini mempunyai bentuk, batas ukur, dan tingkat ketelitian tertentu. Kebanyakan neraca Ohauss memiliki ketelitian 0,01 gram dan batas ukurnya 300 gram. Neraca Ohauss sangat praktis karena proses pengukurannya cepat dan akurat. Cara menggunakannya adalah meletakkan benda yang ditimbang di satu sisi dan meletakkan anak timbangan di sisi yang lain sampai keadaannya seimbang.


Untuk neraca ohauss tiga lengan, masing-masing lengan memiliki skala yang dilengkapi dengan beban geser sebagai berikut;
a. untuk lengan belakang memiliki skala 0 – 500 gram
b. untuk lengan tengah memiliki skala 0 – 100 gram
c. untuk lengan depan memiliki skala 0 – 10 gram.
Hasil pengukuran massa dengan neraca ohauss tiga lengan adalah jumlah dari hasil pembacaan pada skala ketiga lengan.
caranya:
1. cincin belakang menunjukkan nilai berapa
2. cincin tengah menunjukkan nilai berapa
3. cincin depan menunjukkan nilai berapa
4. Jumlahkan ketigannya


Contoh soal:
Jawab:
Posisi anting depan 5,4 gram
Posisi anting tengah 70,0 gram
Posisi anting belakang 300,0 gram +
Massa benda adalah 375,4 gram
Hasilnya ditulis seperti ini = ( 375,4 +- 0,05) gram atau (375,40 +- 0,05) gram { 0,05 itu adalah setengah dari ketelitiannya neraca 3 lengan, 0,5 x 0,1 gram }

2 comments:

  1. Excellent..Dari segi isi sudah sesuai dengan kriteria yang diberikan, informasi pada pendahuluannya sangat bagus. Good Job Ori.

    ReplyDelete

Light Grey Pointer