Tuesday, September 25, 2012

Ciri-Ciri Makhluk Hidup (Biology)


1. Bernapas
Semua makhluk hidup melakukan proses pernapasan. Bernapas adalah proses mengambil udara (O2) dari luar dan mengeluarkan udara (CO2) dari dalam tubuh. Oksigen (O2) sangat diperlukan makhluk hidup untuk pembakaran makanan dalam tubuh dan menghasilkan energi yang diperlukan tubuh atau disebut juga oksidasi tubuh. Energi ini digunakan tubuh untuk bergerak dan melakukan aktivitas lainnya.

2.  Bergerak
Manusia dapat berjalan, berlari, dan menggerakkan tangan. Begitu juga dengan hewan dapat berlari, terbang, dsb. Untuk melakukan gerakan tersebut, manusia dan hewan dibantu oleh alat gerak. Pada manusia, misalnya tangan dan kaki. Sedangkan, pada hewan, seperti sayap, sirip, kaki, dan lainnya. Tumbuhan juga melakukan gerakan, tapi gerakan ini tidak mudah dilihat. Contoh gerakan pada tumbuhan adalah menutupnya daun putri malu bila disentuh. Gerakan pada tumbuhan disebabkan karena ada rangsangan dari luar.

3.  Makan
Seluruh makhluk hidup membutuhkan makanan. Makanan yang  dimakan harus mengandung zat-zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi makanan pada makhluk hidup adalah untuk pembangun tubuh (pertumbuhan), memberi energi (tenaga), dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Makhluk hidup yang dapat membuat makanan sendiri adalah tumbuhan hijau daun lewat proses fotosintesis.

4.  Iritabilitas
Iritabilitas adalah respon terhadap rangsangan. Contohnya, mata kita akan mengedip bila terkena cahaya yang silau. Contoh reaksi rangsangan yang diterima hewan adalah anjing akan menegakkan telinga bila mendengar suara yang asing. Dan pada tumbuhan, contohnya daun putri malu akan menutup bila disentuh.

5.  Tumbuh
Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Contohnya, jika sebuag biji ditanam, akan tumbuh menjadi kecambah, kemudian menjadi tanaman kecil. Jika tanaman tersebut kamu siram setiap hari, maka akan tumbuh menjadi tanaman yang besar. Pertumbuhan merupakan pertambahan sel-sel tubuh, sehingga ukuran tubuh bertambah dan tidak bisa mengecil kembali. Hewan dan tumbuhan juga mengalami  pertumbuhan seperti manusia, yaitu ukuran tubuhnya makin besar. Pertumbuhan ini dapat diukur.

6.  Berkembang Biak
Berkembang biak atau reproduksi adalah kemampuan makhluk hidup untuk memperoleh keturunan. Perkembangbiakan ini berguna untuk melestarikan jenisnya.Cara perkembangbiakan pada hewan dibagi menjadi dua macam, yaitu secara generatif dan secara vegetatif . Kalau tumbuhan, ia tidak hanya berkembang biak dengan biji, tetapi juga dapat berkembang biak secara vegetatif. Contoh perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan adalah: stek, cangkok, dan tunas.

7.Reproduksi
Semua makhluk hidup berkembang biak, hal ini merupakan upaya makhluk hidup untuk memperbanyak diri atau menghasilkan individu baru. Perkembangan makhluk hidup bertujuan untuk menjaga kelestarian jenisnya supaya tidak punah, Cara makhluk hidup untuk berkembang biak.

8. Adaptasi
Untuk dapat bertahan hidup di lingkungannya, makhluk hidup harus 6 menyesuaikan diri dengan lingkungannya,tempat hidup bagi makhluk hidup dapat melakukan aktifitasnya disebut habitat. Apabila makhluk hidup tersebut tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya maka akan mati atau bisa harus berpindah ke lingkungan yang baru.

9. Memerlukan Suhu Tertentu
Semua makhuk hidup dapat bertahan pada suhu tertentu, ikan dapat hidup pada air yang bersuhu antara 5 derajat celcius sampai dengan 30 derajat. untuk jenis bakteri dapat sampai suhu 80 derajat, sedangkan tumbuhan dapat hidup baik antara suhu 0 – 43 derajat celcius.

10. Mengeluarkan Zat Sisa 
Zat sisa dari proses produksi harus dikeluarkan, jika tidak akan menimbulkan 
racun di dalam tubuh. Zat sisa yang dikeluarkan bisa berupa cairan, gas ataupun zat padat. Alat pengeluaran zat sisa pada hewan atau manusia , yaitu :
a. Paru paru mengeluarkan CO2
b. Kulit mengeluarkan keringat
c. Ginjal mengeluarkan urin

Referensi:
http://www.harunyahya.com
http://www.wikipedia.com
http://id.wikipedia.org
http://dares-perilakuhewan.blog.com

1 comment:

  1. informasi yang bagus, tetapi alangkah lebih bagus lagi kalau setiap informasi ciri-ciri makhluk hidup disertai dengan gambar.

    ReplyDelete

Light Grey Pointer